SCADA PLN - ISOKEI

Latest

Whatever the content, it's OK!

Monday 19 September 2011

SCADA PLN

Pengertian SCADA

Secara definisi, SCADA adalah singkatan dari Supervisory control and data acquisition (SCADA)  atau Sistem yang mengawasi dan mengendalikan peralatan proses yang tersebar secara geografis. SCADA sudah banyak diterapkan pada industri otomasi yang memiliki sistem proses yang kompleks. salah satunya adalah SCADA diterapkan di Perusahaan Listrik Negara atau PLN. PLN menggunakan SCADA sebagai antarmuka (interface) yang berisikan terminal kontak yang merupakan masukan telesignal, telemeter, dan telekontrol dari proses. 

SCADA PLN

Dalam pengoperasian tenaga listrik, seorang Dispatcher membutuhkan alat bantu untuk untuk mempermudah pengaturan tenaga listrik. Untuk kepentingan dimaksud di atas, Dispatcher akan dibantu dengan sistem SCADA yang berada di Control Center. Master Station mempunyai fungsi melaksanakan telekontrol (telemetering, telesignal, dan remote control) terhadap remote station. Sistem SCADA sendiri terdiri dari 3 bagian utama yaitu: Master Station, Link Komunikasi Data, dan Remote Station. Remote Station adalah stasiun yang dipantau, atau diperintah dan dipantau oleh master station, yang terdiri dari gateway, IED, local HMI, RTU, dan meter energi. Blok diagram sistem SCADA dapat dilihat pada Gambar dibawah.


Blok Diagram SCADA PLN

Beberapa istilah dibawah ini akan membantu pembaca dalam memahami sistem SCADA yang diterapkan di PLN. 

Istilah dan Fungsi SCADA

Alarm 

adalah Perubahan kondisi dari peralatan atau sistem yang telah terdeteksi sebelumnya karena fungsi yang tidak dilakukan oleh operator/dispatcher, atau kegagalan peralatan untuk merespon secara benar. Indikasi alarm berupa audible atau visual, atau keduanya.

Aplikasi 

adalah Fungsi-fungsi yang mencakup kebutuhan khusus dari proses dimana sistem telekontrol atau SCADA diterapkan.BufferTempat penyimpanan data yang digunakan untuk mengkompensasikan perbedaan kecepatan, ketika mengirimkan data dari satu peralatan ke peralatan lain.Circuit BreakerSaklar yang menghubungkan dan memutuskan sirkit tenaga listrik yang bertegangan dalam kondisi operasi normal dan mampu memutuskan arus beban dan arus hubung singkat.
Commissioning 
adalah Pengujian setiap peralatan yang terpasang di lokasi.Comunication Front EndProsesor yang berperan sebagai interface antara master station dengan remote station dan berfungsi menyediakan media penyimpanan sementara (buffer) dan mengkomunikasikan pertukaran data  antara master station dan remote station.

Control Centre

adalah Pusat kendali pengoperasian sistem tenaga listrik dimana master station ditempatkan.Current TransformerTransformer instrumen yang keluarannya berupa besaran arus listrik.Disconnecting SwitchSaklar yang menghubungkan dan memutuskan sirkit tenaga listrik dalam keadaan bertegangan namun tidak berbeban.

Dispatcher

adalah Petugas yang melakukan supervisi dari control center.

Distribution Control Centre 

adalah Pusat kendali jaringan distribusi.

Feeder 

adalah Penyulang pada jaringan tenaga listrik.

Gateway 

adalah Simpul rele (relay node) jaringan data dimana jalur transmisi dengan definisi protokol yang berbeda dari semua tujuh layer protokol terinterkoneksi oleh konversi protokol. 

Human machine interface (HMI)

adalah Perangkat dimana pengguna berinteraksi dengan sistem SCADA. HMI menyediakan fasilitas dimana pengguna dapat memberikan input kepada sistem dan sistem dapat memberikan output kepada pengguna.

Intelligent electronic device (IED) 

adalah Peralatan elektronik berbasis mikroprosesor yang memiliki fungsi tertentu untuk melakukan telekontrol, telemetering, telesignal, proteksi, dan meter energi. Inter distribution control center (IDCC)Pusat kendali yang terhubung dengan beberapa distribution control center. 

Inter regional control center (IRCC) 

adalah Pusat kendali yang terhubung dengan beberapa regional control center.

Interface

adalah Batasan atau titik umum untuk dua atau lebih sistem atau entitas berseberangan dalam informasi atau tempat dimana energi mengalir. 

Interoperability 

adalah Kemampuan untuk pertukaran data yang diperlukan untuk operasi secara online, umumnya dilakukan dengan hanya menggunakan standar data dan definisi obyek yang umum, protokol standar pada semua layer yang relevan.

Load break switch (LBS) 

adalah Saklar yang menghubungkan dan memutuskan sirkit pada jaringan distribusi tenaga listrik dalam kondisi berbeban. Master stationStasiun yang melaksanakan telekontrol (telemetering, telesignal, dan remote control) terhadap remote station. 

Media telekomunikasi

adalah Media yang menghubungkan antar peralatan untuk melakukan pertukaran informasi.
National control center (NCC) 
adalah pusat kendali yang terhubung dengan beberapa inter regional control center.ObsoleteKondisi dimana spare part peralatan sudah tidak diproduksi. Peralatan prosesPeralatan listrik seperti Circuit Breaker, Disconnecting Switch, Load Break Switch, Recloser, Current Transformer dan Voltage Transformer. 

Protokol

adalah Sekumpulan semantik dan aturan cara penulisan (sintaksis) yang menentukan cara unit fungsional dalam berkomunikasi.

[ISO/IEC 2382-9]Point to point 

adalah Konfigurasi telekontrol dimana satu stasiun terhubung ke stasiun lain dengan hubungan transmisi khusus (dedicated transmission link).

[IEV 371-06-06]Rangkaian proses

adalah Sirkit yang menghubungkan antara peralatan listrik seperti Circuit Breaker, Disconnecting Switch, Load Break Switch, Recloser, Current Transformer dan Potential Transformer.

Real time 

adalah Waktu aktual selama proses berlangsung. Recloser Saklar yang menghubungkan dan memutuskan jaringan distribusi tenaga listrik yang bertegangan dalam kondisi operasi normal dan mampu memutuskan arus hubung singkat serta dapat melakukan restorasi secara otomatis setelah terjadi gangguan sementara.

Regional control center (RCC) 

adalah Pusat kendali jaringan transmisi tegangan tinggi. Remote controlPenggunaan teknik telekomunikasi untuk mengubah status peralatan operasional.

[IEV 371-01-06]Remote station 

Stasiun yang dipantau, atau diperintah dan dipantau oleh master station, yang terdiri dari gateway, IED, local HMI, RTU, dan meter energi.

Server 

adalah Komputer yang berfungsi menyediakan layanan khusus kepada komputer lainnya.

Switch 

adalah Terminal yang berfungsi untuk menghubungkan antar komputer dan komputer ke peripheral dalam satu LAN. 

Telesignal 

adalah Pengawasan status dari peralatan operasional dalam jarak tertentu dengan menggunakan teknik telekomunikasi seperti kondisi alarm, posisi switch atau posisi katup.

Telemetering 

adalah Transmisi nilai variabel yang diukur dengan menggunakan teknik telekomunikasi.

Transformer

adalah Peralatan yang menghubungkan sistem jaringan listrik yang berbeda level tegangannya. 
Voltage transformer
adalah Transformer instrumen yang keluarannya adalah besaran tegangan.


No comments:

Post a Comment