Prinsip Kerja dan Cara Kerja Laser nd YAG 1064nm - ISOKEI

Latest

Whatever the content, it's OK!

Friday 20 January 2017

Prinsip Kerja dan Cara Kerja Laser nd YAG 1064nm

Prinsip Kerja Laser nd YAG 1064nm


Sebelum kita membahas prinsip kerja dari laser ndYAG, perlu kita ketahui bahwa Laser adalah salah satu teknologi optik yang mulai diterapkan di dunia medis ataupun kedokteran. bahkan sampai saat ini teknologi laser mulai dipakai untuk aesthetic care. Tidak semua laser sama, semua tergantung bahan pembentuknya dan apa tujuannya. Namun pada topik ini kita akan mempelajari salah satu type laser yaitu ndYAG Laser. Sebuah generator laser yang menggunakan zat padat. Namun sebelum itu sekilas tentang pengertian laser akan saya jelaskan terlebih dahulu.

Laser 

Secara bahasa adalah singkata dari Light Amplification by stimulated emmision of radiation. Maksudnya laser adalah suatu alat yang menghasilkan cahaya dari proses penguatan optik yang berdasarkan stimulasi emisi dari radiasi elektromagnetik. Bedanya laser dengan cahaya biasa adalah dapat dilihat dari pancaran cahaya yang koheren alias fokus tidak buyar. Hal ini memungkinkan cahaya laser difokuskan ke tempat yang rapat biasanya diaplikasikan pada kegiatan pemotongan laser dan litografi. Cahaya laser juga memungkinkan untuk dipancarkan secara jauh contohnya pada pointer dan banyak lagi aplikasi laser seperti pada printer laser, barcode scanner, instrumen DNA, fiber optik, alat lab, perangkat militer dan pada aesthetic care area.

Pada bidang aesthetic care laser digunakan untuk menghancurkan perlapisan kulit pasien. Mulai dari lapisan kulit luar, tengah dan bagian kulit paling dalam semua dapat dilakukan oleh laser tentunya tergantung panjang gelombang dan lebar pulse width yang diatur. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas laser dengan panjang gelombang 1064nm.
Untuk menghasilkan laser dengan panjang gelombang 1064, kita dapat menggunakan dua bahan yaitu Gas dan  bahan nd:YAG (neodymium-doped yttrium aluminium garnet; Nd:Y3Al5O12).
nd:YAG adalah suatu bahan kristal yang dibuat dari bahan kimia tersebut untuk menghasilkan pancaran laser dengan panjang gelombang 1064. 

Laser nd YAG

 Gambar diatas adalah salah satu desain laser dengan bahan nd:YAG sebagai active medium gain atau media aktif penguat energi dalam hal ini laser.

pada desain tersebut, ndYAG dipompa oleh cahaya dari flashtube atau disinari cahaya flash sehingga membuat bahan ndYAG ini mengeluarkan cahaya dengan panjang gelombang tertentu (1064nm). cahaya tersebut terperangkan didalam tabung yang berisikan cermin pada ujung-ujung tabung. pantulan-pantulan cahaya ini membuat energi semakin besar. dan pada salah satu cermin terdapat celah berupa coupler output sehingga akan ada beberapa berkas cahaya yang lolos melalui cermin ini tergantung pada desain rongga. cahaya laser yang keluar dari rongga itu langsung koheren dan mempunyai panjang gelombang 1064nm.





2 comments:

  1. mas request penjelasan yang lengkap, soalnya menurut gambar ini saya gagal paham mas..

    ReplyDelete
  2. Newly established businesses make use of it to help eliminate competitors. Sometimes technology can make up for a lack in market experience. 3d laser scanning survey Sydney

    ReplyDelete